Jumat, 19 April 2013

Pelaporan BOS Online dan Aplikasi BOS Sekolah

Seperti kita ketahui bersama bahwa Petunjuk Teknis SPJ BOS 2013 / Juknis SPJ BOS 2013 telah diterbitkan oleh KEMENDIKBUD. Salah-satu tugas dan tanggung-jawab sekolah sebagaimana tercantum dalam juknis 2013 poin 9 dan dan 10 adalah sbb:
Poin 9 : Membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS-K7A) sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana dan disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit;
Point 10 : Memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan kedalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id
Sehubungan dengan poin 10 diatas mau tidak mau bendahara sekolah dituntut untuk punya kemampuan melakukan pelaporan secara online, Adapun cara untuk memasukkan data bos secara online adalah sebagai berikut :
 1. Masuk ke www.bos.kemdikbud.go.id; anda akan masuk pada halaman seperti gambar dibawah ini
Bos Online 2013

2. Perhatikan yang ditandai dalam kotak. Isi Kode Registrasi Sekolah dan Password untuk login (Kode Registrasi sekolah adalah kode yang digunakan ketika melakukan pendataan online dapodik melalu aplikasi pendataan. Kode Registrasi bersifat unik yang berbeda masing-masing sekolah. Sedangkan password menggunakan NPSN sekolah). Jika berhasil login, anda akan masuk halaman seperti gambar di bawah ini:

Bos Online 2013

3. Sesudah berhasil login, disarankan agar Anda segera mengubah password melalui menu "Ubah Sandi" pada pojok kanan atas. Setelah itu Klik "Ubah" dan isikan penggunaan dana seperti pada gambar di bawah ini:

Bos Online 2013

4. Sesudah selesai mengisikan penggunaan dana, Klik "Simpan" untuk menyimpan data yang telah dientry. Sesudah dirasa cukup, Anda bisa keluar dari halaman dengan meng-klik "Log Out".

Untuk membantu pembukuan administrasi BOS bisa dilakukan lewat aplikasi BOS 2013 atau LKT (Laporan Keunagan terpadu) tetapi perlu diingat Program/Aplikasi ini sebagai alat bantu dalam pembukuan administrasi BOS, bukan merupakan panduan atau juknis pelaporan resmi baku, tetapi seluruh komponen pelaporan telah disesuaikan dengan JUKLAK/JUKNIS BOS Tahun 2013.
Yang harus dilakukan dalam aplikasi ini hanyalah melakukan input perencaan dan input pelaksanaan. Setelah input dilakukan, maka semua format BOS seperti disebut diatas akan terisi secara otomatis.
Untuk menjalankan aplikasi ini di komputer memerlukan Persyaratan System:
1. Sistem Operasi Windows minimal menggunakan Windows XP service pack 3.
2. Microsoft Office minimal MS. Office Service Pack 2 (SP 2)
3. Memory minimal 512 MB
4. Pastikan setting regional komputer Anda telah diubah menjadi Indonesia
 Bagi yang berminat silahkan UNDUH LAPORAN KEUANGAN TERPADU (LKT) APLIKASI BOS 2013
Sedangkan untuk tutorialnya silahkan UNDUH DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar